Rabu, 17 Juli 2013

Cara Memutakhirkan NUPTK

Cara Mengurus NUPTK - Pemutakhiran NUPTK

Bulan Juli dalam kalender akademik tahun 2013, memang waktu libur dan PPDB. Tetapi ternyata banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan guru yang berkaitan dengan kependidikan. Salah satunya adalah masalah NUPTK. Bagi guru yang belum memiliki NUPTK, inilah saatnya untuk mengurus NUPTK. Bagi yang sudah mempunyainya juga harus memutakhirkan datanya. 

Sampai saat ini, ternyata banyak sekolah yang tidak mengetahui tata cara untuk memutakhirkan NUPTK, kebanyakan hanya sampai pada level 1 dan level 2. Padahal tahap pemutakhiran data harus sampai level 4.


Pengumpulan berkas A01 bukanlah tahap akhir dari pemutakhiran NUPTK, tapi masih harus melalui level 2 sampai 4. Untuk level 2 dan 3 menjadi tanggung jawab admin sekolah dan level 4 oleh admin disdikpora. Sedangkan pengisian data NUPTK harus diisikan sendiri oleh guru secara online karena menyangkut data pribadi, keluarga, dan pendidikan serta riwayat hidup yang disertai dengan buktinya.

Pemutakhiran NUPTK

Untuk memutakhirkan data sekolah dapat meminta password admin ke disdikpora, setelah mendapat password sekolah dapat mengakses data NUPTK dan melakukan pemutakhiran.

Situs untuk login baik untuk sekolah, admin. dan PTK di http://padamu.siap.web.id
Untuk Informasi NUPTK dapat melihat di situs http://118.98.222.83